Select Page

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Gianyar, pagi ini menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) I sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus sesuai dengan Tata tertib organisasi Gerakan Pemuda Ansor.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris PW Ansor Bali dalam pembukaan acara Konfercab I PC Ansor Gianyar di Gedung LP2B Emerald – Gianyar, Ahad 6 Maret 2022.

“Kegiatan Konfercab I GP Ansor Gianyar ini adalah Forum permusyawaratan tertinggi dan penting untuk dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus, merumuskan program kerja dan yang menjadi puncaknya adalah pemilihan Ketua PC Ansor Kab. Gianyar masa khidmat 2022-2026,” papar H. Suraji mewakili sambutan dari Ketua PW Ansor Bali, H. Yunus Naim.

H. Suraji menambahkan bahwasanya kegiatan Konfercab selain untuk laporan pertanggung jawaban juga sebuah ajang untuk berdemokrasi dan menanamkan nilai-nilai kaderisasi.

“Hakikat kaderisasi adalah usaha sadar untuk menanamkan nilai dan ideologi, menguatkan karakter dan militansi, meningkatkan pengetahuan, mengembangkan potensi dan kecakapan serta membangun kapasitas gerakan pada diri kader untuk mempertinggi harkat dan martabat diri dan meneruskan cita-cita dan perjuangan organisasi.” imbuhnya.

Konfercab I PC GP Ansor Kabupaten Gianyar diikuti segenap pengurus Ansor Kabupaten Gianyar serta perwakilan dari Anak Cabang maupun Ranting se-Kabupaten Gianyar. Dalam kesempatan itu pula hadir beberapa tokoh mulai dari Bupati Gianyar diwakili Kepala Kesbangpol, Dewa Amarta, Forkompinda Kabupaten Gianyar, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gianyar, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Gianyar, Ketua OKP, KNPI, PEMUDA Muhamadiyah, dan Pemuda KATOLIK Gianyar.

Usai acara seremosial dilanjutkan dengan sidang pleno, sebelum kemudian menentukan bakal calon ketua PC Ansor Kabupaten Gianyar periode 2022 – 2026. Dalam kesempatan tersebut ketua PW Ansor Bali, H. Yunus Naim memberikan arahan sebagai bekal menuju sidang pleno. Menurutnya, persatuan dan keterpautan hati menjadi kunci menjalankan sebuah organisasi yang baik.

“Ittihad atau Persatuan serta Irtibatul qulub, keterpautan hati, tidak hanya antar keder tapi harus koneksi dengan para muassis. Selain itu kita juga senantiasa Saling bantu ketika ada masalah dan Seiya sekata,” pesan H. Yunus.

“Apa yang telah diputuskan (harus) dipedomani. Konferensi, pertanggung jawaban dan pemilihan dengan tradisi musyawarah, tidak perlu ngotot-ngototan. Apapun diselesaikan dengan kepala dingin, dan mendapat restu para muassis. Kita tidak intervensi kepada siapapun. Paling penting niat berhidmat mencari Ridha Allah,” imbuhnya.

Sidang Pleno yang pertama dipimpin oleh Sahabat Suparto, Wakil Ketua PW Ansor Bali, Sidang pleno yang kedua dan ketiga dipimpin oleh H. Ibnu Athoillah. Hingga akhirnya diputuskan Sahabat Mursalin terpilih kembali menjadi Ketua PC Ansor Kabupaten Gianyar tahun 2022 – 2026.

Usai terpilih Pria yang aktif Penyuluh Agama Islam Kabupaten Gianyar tersebut berharap Ansor ke depan dapat lebih baik dan ke depan akan lebih meningkatkan program untuk pemberdayaan ekonomi kader Ansor. Sehingga Ansor dapat mandiri baik secara organisasi dan individu.

“Berharap Ansor-Banser Gianyar semakin baik lagi terutama kita akan memperbaiki sesuai amanat-amanat konferesnsi yaitu meningaktan ekonomi kader. Kedepan akan di tata terus dan akan lebih banyak seminar atau pelatihan wirausaha agar anggota lebih punya skil dalam mencukupi kebutuhan hidupnya,” paparnya

“Kemudian kita akan lebih mempererat hubungan dengan pemerintah dan Banom NU lain terutama mendorong bagaimana Gianyar bisa memiliki lembaga pendidikan NU seperti LP maarif karena selama ini belum ada lembaga Pendidikan NU di Gianyar,” tandasnya.

Share This