Select Page

Minggu, 6 Maret 2022 PC GP Ansor Kabupaten Gianyar untuk pertama kalinya melaksanakan Konferensi Cabang sejak terbentuknya kurang lebih 6 tahun silam.

Sebelum Konfercab I ini dilangsungkan, dari pihak Panitia beberapa kali melakukan koordinasi dengan PW GP Ansor Bali yang berlangsung di Sekretariat bersama Gd. PWNU Prov. Bali, Jl. Pura Demak No. 32 Denpasar.

Dalam pertemuan koordinasi tersebut beberapa hal dilaporkan oleh Panitia terkait kesiapan dalam pelaksanaan Konfercab I PC GP Ansor Gianyar, termasuk sudah berkoordinasi dengan jajaran PCNU Kabupaten Gianyar.

Mendengar paparan dari Panitia, pihak PW GP Ansor Bali yang dalam kesempatan tersebut hadir mewakili Ketua PW GP Ansor H. Yunus Naim adalah sahabat Sekretaris H. Suraji, Wakil Ketua Suparto, Bendahara Yoyok Kusbiantoro, Wakil Sekretaris Tommy R Kurniawan, Kasetma Ndan Nanang Setiabudi, dan jajaran Pengurus Wilayah lainnya.

Arahan dari PW GP Ansor Bali kepada panitia agar berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan Konfercab, terutama materi-materi sidang dan harus tetap mematuhi protokol kesehatan guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Arahan-arahan dari PW GP Ansor Bali ternyata benar dilaksanakan oleh panitia. Ini terlihat ketika acara Konfercab I PC GP Ansor Gianyar dari awal sampai akhir berlangsung dengan tertib dan hikmad.

Sebelum pembacaan Tata Tertib Sidang, Pimpinan Sidang yang dipimpin oleh Sahabat Suparto menanyakan kepada peserta, “Apakah sahabat-sahabat semua siap mengikuti Konfercab I PC GP Ansor Gianyar dengan tertib dan hikmad”?, peserta pun menjawab “siiaap” dengan penuh semangat.

Selama persidangan berlangsung peserta sidang cukup kooperatif dan tetap menunjukan sikap ahlakul karimah sebagai kader GP Ansor dengan tetap mengikuti tata tertib yang telah disepakati bersama. Namun ada kejadian unik, dimana pimpinan sidang tidak sadar jika palu dan ketukan sidang ternyata sudah pecah dan longgar dari gagangnya. Kejadian inipun serentak membuat suasana menjadi riuh dengan tepuk tangan dan canda tawa dari peserta sidang.

Dalam sesi pembacaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Ketua PC GP Ansor Gianyar masa hikmad 2018 – 2022 juga berlangsung sangat singkat, kemudian Ketua PAC memberikan pandangan umum dan 6 PAC semuanya menerima LPJ Sahabat Mursalin dengan beberapa catatan.

Pada proses pemilihan Ketua PC GP Ansor Gianyar tidak membutuhkan waktu begitu lama dan alot, ini terlihat pada proses verifikasi syarat calon sudah siap semua. Setelah verifikasi syarat calon selasai sidangpun dilanjutkan dengan agenda pemilihan Ketua Cabang dengan diikuti 6 PAC yang memiliki hak suara, yaitu PAC Kecamatan Gianyar, Blahbatu, Tampak Siring, Sukawati, Tegallalang, dan Ubud.

Hasil dari perhitungan suara setelah pemilihan menunjukan perolehan suara, yaitu Sahabat Sunarto satu (1) suara, Sahabat Athok satu suara (1), dan Sahabat Mursalin Empat (4) suara. Perolehan suara ini menjadikan Sahabat Mursalin secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua PC GP Ansor Gianyar masa hikmad 2022 – 2026 dangan mengacu pada Tata Tertib pemilihan Ketua.

Konferensi Cabang GP Ansor Gianyar patut kita banggakan dan apresiasi, karena baru kali ini dalam sejarah Konferensi Cabang yang baru pertama dilaksanakan dihadiri oleh hampir separoh jajaran Pengurus PW GP Ansor Bali, ucap Ketua PW Ansor Bali H Yunus Naim dalam sambutan penutup dan langsung disambut tepuk tangan yang meriah dari peserta Konfercab.

Lanjut dikatakan, bahwa kedepannya PC GP Ansor Gianyar harus lebih solid dan terus membangun komunikasi dengan Pengurus Wilayah agar terjadi sinergi dan satu komando antara PC dan PW, utamanya PC GP Ansor Gianyar.

Sebelum acara ditutup, Ketua Rijalul Ansor Bali Gus Ainur Rofiq membacakan do’a penutup dengan harapan agar Kader-kader Ansor senantiasa bersabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan tantangan. Apalagi akhir-akhir ini media sosial dipenuhi dengan fitnah yang mengarah kepada Ketum PP GP Ansor Gus Yaqut, maka kita sebagai kader Ansor harus tetap memberi dukungan dan do’a agar dijauhkan dari orang orang yang dholim.

(Suparto)

Share This